Translete This Blog :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 03 Mei 2012

P. Studi Dakwah


Soal             : UTS
Semester      : IV
Fakultas       : FAI, ST
Mata Kuliah : P. Studi Dakwah
Dosen          : Abdul Hamid, Lc. MA



Dakwah merupakan suatu sistem yang penting dalam gerakan-gerakan Islam. Dakwah dapat dipandang sebagai proses perubahan yang diarahkan dan direncanakan dengan harapan terciptanya individu, keluarga dan masyarakat serta peradaban dunia yang diridhai Allah SWT. Perbaikan aqidah, perbaikan syari’at, perbaikan pendidikan dan seterusnya, semua itu tidak terlepas dari proses dakwah dan proses komunikasi.

Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian dan penerimaan informasi di antara kedua belah pihak. Informasi yang disampaikan adalah pesan-pesan agama, nilai atau aturan-aturan Allah SWT.

Secara konsepsional komunikasi dan dakwah mungkin berbeda, tetapi secara operasional adalah sama. Oleh karena itu, coba anda uraikan perbedaan keduanya jika dipandang dari segi konsepsional?.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nama : NAZMI QORI
    NIM : 3120120027
    Semester : IV
    Fakultas : FAI / UIA
    Mata kuliah : Pengantar Studi Dakwah

    Pengertian komunikasi secara konsepsional adalah merupakan daya tarik dan sumber kepercayaan Komunikator yang baik, selain mempunyai daya tarik dan sumber kepercayaan, juga komunikator harus selalu memperhatikan umpan balik, sehingga ia dapat segera merubah gaya komunikasinya dikala ia mengetahui bahwa umpan balik dari komunikan bersifat negatif.sedangkan Dakwah secara konsepsional ialah Segala usaha dan kegiatan yang disengaja dan berencana dalam ujud sikap, ucap dan perbuatan yang mengandung ajakan dan seruan, baik langsung atau tidak langsung di-tujukan kepada orang perorangan, masyarakat, maupun golongan supaya tergugah jiwanya, terpanggil hatinya kepada ajaran Islam untuk selanjutnya mempelajari dan menghayati serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari serta mengajak manusia dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai dengan perintah Tuhan, untuk kemaslahatan dan kebahagiaan mereka di dunia dan akhirat.

    BalasHapus
  3. Nama : JANNE ALFRESHA
    NIM :3120120040
    Semester :IV
    Fakultas :FAI / UIA
    Mata Kuliah : Pengantar Studi Dakwah

    Komunikasi jika dipandang dari segi konsepsional ialah ketika kita sedang mencoba mengadakan sebuah pertukaran pikiran dengan seseorang dua orang atau lebih. Hal itu berarti kita sedang mencoba menginformasikan sebagian informasi, baik ide maupun sikap,Komunikasi selalu membutuhkan sedikitnya tiga elemen (unsur); sumber, pesan dan tujuan. Sedangkan pengertian dakwah secara konsepsional adalah Mendorong manusia agar memperbuat kebaikan dan menuruti petunjuk, menyuruh mereka untuk berbuat kebaikan dan melarang mereka dari perbuatan mungkar,yang menjadi subyek dakwah adalah manusia walaupun dengan perbedaan pendapat bahwa yang menjadi pendakwah itu selain manusia adalah Allah SWT. Sendiri, artinya dakwah mengajak manusia untuk berbuat kebaikan dan mendorong manusia tersebut kepada ajaran-ajaran yang mengetahui tentang al-Qur’an dan Sunnah Rasul sebagai pokok Agama Islam, demi mencapai kemaslahatan di dunia maupun akhirat.

    BalasHapus
  4. Nama : Robby S.Hadi
    NIM : 3120120074
    Semester : IV
    Fakultas : FAI (Tarbiyah) UIA
    Mata Kuliah: Pengantar Studi Dakwah
    Perbedaan Komunikasi dan Dakwah secara konsepsional ,
    -Komunikasi adalah cara berinteraksi seorang manusia terhadap manusia yang lain nya secara Interaktif dan hanya menggunakan percakapan lemah lembut dengan membicarakan Hal-hal yang baik untuk kebaikan masing-masing.
    -Dakwah adalah suatu penyampaian seorang manusia terhadap manusia lain nya secara sistematis menggunakan dalil aqli atau naqli , yang bertujuan untuk mengajak kepada kebaikan dan meninggal kan keburukan atau disebut dengan menegakkan amar ma'ruf nahi munkar.Serta berjuang dijalan Allah SWT melalui metode berdakwah.

    BalasHapus