Translete This Blog :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 19 Mei 2011

BUDAYA INDONESIA


BUDAYA INDONESIA
Oleh : Maulana Abdul Hamid, MA


Kebudayaan
Kebudayaan berasal dari kata Budaya,yaitu hasil karya cipta,daya kreasi yang dihasilkan atau diciptakan oleh seseorang yang kemudian dapat diterima oleh orang banyak dan  masyarakat sehingga menjadi tradisi dan seni  karya nyata yang bernilai estetik dan artistic.

Para pakar dan ahli memberikan definisi  sebagai berikut; 
1.         Ki Hajar Dewantara
Kebudayaan berarti buah budi manusia  adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat,yakni zamandan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untukmengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

2.         Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan system gagasan, tindakan, hasilkarya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar

3.         Edward b.Taylor
Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks,yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat,dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai angggota masyarakat.

4.         Francis Merill
a.         pola-pola prilaku yang dihasilkan oleh interaksi social
b.         semua prilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis.

Jadi kebudayaan adalah sesuatu yang akan  mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi system ide       atau gagasan yang  terdapat dalam pikiran  manusia,sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak.Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda benda yang diciptakan oleh manusia sebagai mahluk yang berbudaya,berupa prilaku dan benda-benda yang bersifat nyata,contohnya ; pola-pola prilaku, bahasa, pelengkapan hidup, organisasi social, religi, seni dan lain-lain, kesemua itu ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN
Pendapat para ahli yang menyebutkan komponen-komponen atau unsure-unsur kebudayaan,antara lain; Seperti yang dikatakan  MELVILLE J.HERSKOVITS,dia menyebutkan bahwa kebudayaan memiliki 4 unsur pokok,
Alat-alat teknologi
System ekonomi
Keluarga
Kekuasaan politik


Untuk membaca lebih lengkapnya silahkan menghubungi : salamku82@yahoo.com
atau sms ke 081383787911

Tidak ada komentar:

Posting Komentar